Hati-hati! Diet Karbo Bisa Akibatkan Kematian Dini

Buat yang ingin cepat langsing, diet rendah karbohidrat atau diet karbo mungkin sudah tak asing lagi. Tapi Anda perlu berhati-hati karena diet yang tengah populer di kalangan masyarakat ini ternyata bisa berakibat buruk bagi kesehatan, bahkan bisa mengakibatkan kematian dini. Buat apa badan kurus kalau malah jadi penyakitan?

Sebenarnya apa sih bahaya dari diet yang mengurangi asupan karbohidrat harian ini?

Dilansir dari situs Time, penelitian terbaru yang disampaikan pada European Society of Cardiology Congress di Jerman (18/9) mengungkap bahaya diet rendah karbohidrat atau diet karbo bagi kesehatan dalam jangka panjang dan dapat meningkatkan risiko kematian dini. Dikatakan bahwa diet karbo tersebut akan sangat berbahaya jika asupan karbohidrat harian dikurangi sampai dibawah 26%.

Jadi, diet karbo itu sebenarnya masih aman untuk dilakukan asal tak berlebihan saat mengurangi asupan karbohidrat. Diet rendah karbohidrat yang terlalu berlebihan disebut berkaitan dengan risiko kematian (32%), kematian akibat penyakit kardiovaskular (50%) dan kematian akibat kanker (36%).

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/kebiasaan-sehat-pencegah-kanker/

Agar kesehatan tetap terjaga, lebih baik Anda mengganti asupan karbohidrat dengan jenis karbohidrat yang berserat tinggi atau karbohidrat kompleks. Serat lebih sulit untuk dicerna tubuh sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hindari makanan yang malah membuat Anda tambah lapar, lihat daftarnya disini.

Selain itu, serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol darah yang nantinya terbuang bersama feses. Simak 6 makanan lainnya yang terbukti efektif menurunkan kolesterol disini

Makanan apa saja yang termasuk karbohidrat berserat tinggi?

 

Diantaranya adalah beras merah, roti gandum, kentang, oatmeal, apel, pisang, dll. Buah-buahan berserat tinggi merupakan alternatif terbaik karena mengandung tambahan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Lihat daftar 15 vitamin terbaik untuk wanita disini

Buah pisang misalnya, selain kaya vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi antibodi, buah ini juga mengandung mineral kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari pisang, lebih lengkapnya simak video tentang 10 Manfaat Makan Pisang Tiap Hari disini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>