Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Ganggu Kerja Otak


Suatu penelitian di Los Angeles mengungkapkan bahwa individu berusia tua dan menghabiskan sebagian besarnya waktunya untuk duduk, memiliki volume otak yang lebih rendah terutama di bagian otak yang terkait dengan fakta dan memori.

Penelitian ini menggunakan pencitraan MRI untuk memeriksa otak dari 35 orang dewasa yang sehat, berusia 45 hingga 75 tahun, tanpa masalah kognitif atau gangguan kejiwaan, yang mengisi kuesioner tentang kebiasaan hidup.
Seperti pada penelitian kontrol non-intervensional lainnya, temuan ini menunjukkan korelasi antara faktor gaya hidup dan hasil kesehatannya walaupun tidak dapat mengatakan secara pasti bahwa satu faktor menyebabkan suatu hasil tertentu.



 

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa “waktu yang dihabiskan untuk duduk” memang tidak memperhitungkan kebiasaan yang dapat mempengaruhi penurunan kognitif. “Ada kemungkinan bahwa terdapat dua kelompok yang berbeda: mereka yang duduk dengan mental aktif dan mereka yang duduk dengan mental tidak aktif,” jelasnya.

“Mental aktif berarti mereka melakukan suatu aktivitas mental secara kognitif seperti teka-teki silang, dokumentasi, menulis, atau permainan komputer. Sementara mental yang tidak aktif berarti mereka melakukan aktivitas mental yang pasif seperti menonton televisi atau film. ”

Karena subyek penelitian tidak dimonitor dari waktu ke waktu, peneliti tidak dapat menentukan apakah volume otak mereka saat itu adalah hasil dari degenerasi sebelumnya atau hanya mewakili ukuran otak standar mereka.

Sumber: iflscience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>