Waspadai Bahaya Kalori Kosong Dalam Junk Food

Kalori kosong? Apa lagi tuh?

Kalori kosong adalah makanan dengan nilai gizi yang sangat sedikit. Hampir tidak mengandung serat, protein, vitamin, ataupun mineral. Kalori kosong biasanya terkandung dalam makanan yang mengandung lemak padat dan tambahan gula seperti biasa ditemukan pada junk food. Asupan kalori kosong yang berlebihan akan membuat badan Anda gemuk tapi kurang gizi>>

Lalu, apa bahayanya kalori kosong bagi tubuh?

Junk food mengandung terlalu banyak kalori kosong yang membuat kita cepat merasa lapar kembali dan akhirnya makan secara berlebihan. Hasilnya? Kenaikan berat badan dan meningkatnya risiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus tipe 2. Waspadai tanda-tanda menumpuknya lemak beracun dalam tubuh seperti ini >>.

 

Berapa banyak sih kalori yang sebenarnya dibutuhkan?

Umumnya orang dewasa membutuhkan kira-kira 2.000 kalori tiap hari. Menurut FAO, kebutuhan kalori minimum rata-rata tiap hari secara global adalah sekitar 1.800 kalori. Walaupun demikian, kebutuhan kalori tiap orang tentunya tidak bisa disamaratakan, tergantung dari umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi, dan aktivitas fisik.

Cara menghitung kalori bagaimana?

Bagi pria, rumus menghitung kebutuhan kalori basal (KKB) adalah: 66,5 + (13,75 x kg BB) + (5 x cm TB) – (6,8 x umur). Sementara bagi wanita, rumus menghitung kebutuhan kalori basal (KKB) adalah: 55,1 + (9,56 x kg BB) + (1,9 x cm TB) – (4,7 x umur)

Untuk total kalori yang dibutuhkan, Anda harus mengalikan KKB dengan angka aktivitas fisik sbb:
Aktivitas sedentari (tak banyak beraktivitas) : 1,2
Aktivitas ringan : 1,375
Aktivitas sedang : 1,55
Aktivitas berat : 1,725
Aktivitas sangat berat : 1,9

Misalnya, kalori yang dibutuhkan untuk wanita berumur 47, berat badan 55 kg, tinggi badan 160 kg, dengan aktivitas ringan adalah:
KKB = 55,1 + (9,56 x 55) + (1,9 x 160) – (4,7 x 47) = 664
Total kalori = 664 x 1,375 = 913 kalori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>