Hobi Selfie? Jangan-jangan Anda Mengidap Selfitis….

 

Menurut penelitian yang dipublikasikan International Journal of Mental Health and Addiction (29/11/2017), selfie yang terlalu berlebihan pada remaja akan menyebabkan selfitis. Walaupun American Psychiatric Association tidak menyebut selfitis sebagai gangguan kejiwaan, beberapa ahli sepakat bahwa kondisi ini cenderung menjadi tren yang mengkhawatirkan.

Kecanduan selfie adalah kondisi dimana seseorang melakukan selfi berkali-kali secara obsesif dalam sehari dan mempostingnya di media sosial –seperti snapchat, facebook atau instagram,” jelas Dr. Ramani Durvasula, Professor Psikologi dari California State University dalam wawancaranya dengan CBS News (22/2/2018). Menurut Durvasula, Anda kemungkinan besar mengidap selfitis jika lebih dari 50% foto yang dimiliki adalah foto selfie dan Anda sering sekali menggunakan filter.

“Semakin banyak waktu yang dihabiskan di media sosial terbukti akan secara negatif mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dan membuatnya depresi,” tambahnya. Selain itu, hasil penelitian dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan peran media sosial yang disinyalir ikut berpengaruh dalam tren peningkatan kasus bunuh diri di kalangan remaja di Amerika Serikat.

Tak hanya kejiwaan, terlalu aktif di media sosial juga bisa bikin wajah cepat berkeriput lho…  (Baca: Aktif di Medsos Bikin Wajah Cepat Keriput). So, kurangi jumlah waktu yang Anda habiskan di media sosial setiap harinya yaa.. Alihkan perhatian dari media sosial dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti olahraga atau kumpul bersama orang-orang terdekat. Your Family Needs The Healthy You…

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>