Jangan Lihat Timbangan! Ini Tanda-tanda Tubuh Anda Sehat

 

Banyak orang menganggap dirinya tak sehat hanya karena memiliki berat badan yang jauh dari ideal. Padahal, berat badan bukan satu-satunya penentu sehat tidaknya tubuh Anda. Berikut sebagian tanda-tanda yang bisa dijadikan patokan kesehatan tubuh seperti dilansir dari situs MSN Lifestyle – PopSugar (17/2/2018).

Rutin BAB. Rutin BAB sangat penting tak hanya bagi sistem pencernaan tapi juga berpengaruh pada keseluruhan tubuh. Dengan rutin BAB, racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dan Anda akan terhindar dari penyebaran inflamasi yang bisa menjalar ke seluruh tubuh.

Urine berwarna kuning bening. Jika tubuh terhidrasi dengan baik dan kondisi ginjal berfungsi normal, maka urine akan berwarna kuning muda atau bening. Jika warna urine Anda keruh atau pekat, jangan panik dulu karena kemungkinan hanya efek dari makanan atau obat tertentu. Konsultasi ke dokter perlu dilakukan jika muncul gejala lanjutan seperti sakit perut, urine berbusa, pinggang atau kemaluan nyeri, rasa mual dan muntah, kelelahan, dan mungkin muncul demam.

 

Haid teratur. Periode haid pada wanita seharusnya datang setiap bulan dalam rentang waktu antara 21-35 hari. Haid yang teratur dan berlangsung selama 2 – 7 hari menandakan sistem reproduksi yang berfungsi dengan baik.

Bisa mengatasi stress emosional. Kadang orang tak menyadari bahwa dirinya mengalami stress karena tekanan pekerjaan yang dialami tiap hari di kantor. Dalam hal ini, Anda perlu bantuan terapis agar bisa mengatasi beban akibat stress emosional.

Bebas dari jerawat dan penyakit kulit lainnya. Kulit merupakan organ manusia yang terbesar, jadi jika wajah tampak berjerawat atau terkena penyakit kulit lainnya berarti tubuh Anda sedang mengalami suatu masalah kesehatan.

 

Rutin olahraga.  minimal 30 menit seminggu 3 kali sudah lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan tubuh (baca: 30 Menit Berolahraga, Ini Efeknya Bagi Tubuh). Banyak manfaat yang bisa didapat dari rutin berolahraga, bahkan berlari selama satu menit saja sudah bisa memperkuat tulang.

Pola makan sehat. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta menghindari makanan olahan tiap hari juga jadi tanda sehatnya tubuh Anda.

Punya sahabat baik. Tak perlu punya ribuan follower di medsos, beberapa sahabat baik yang selalu mendukung Anda sudah lebih dari cukup. Penelitian di Michigan State University (2016) menemukan fakta bahwa responden yang mendapatkan dukungan sosial yang kuat dari sahabatnya memiliki lebih sedikit masalah kekebalan tubuh atau masalah kardiovaskular serta menurunkan kadar hormon stres kortisol.

 

Jarang sakit. Sesekali terjangkit virus atau kena flu masih tergolong normal, tapi jika terus-terusan terkena penyakit silih berganti berarti sistem kekebalan tubuh Anda sedang bermasalah.

Cukup istirahat. Kurang tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan seperti sleep apnea, insomnia, atau gangguan refluks gastroesophageal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>