Napas Terengah-engah Selepas Naik Tangga, Normalkah?

 

Napas terengah-engah selepas naik tangga bisa jadi penanda kondisi tubuh yang perlu dicermati. Tapi, kondisi tersebut bukan selalu berarti hal yang serius menurut Dr. Sadia Benzaquen (spesialis paru-paru dan associate professor di University of Cincinnati College of Medicine) dalam wawancaranya dengan Self (7/2/2018).

Kadang, napas yang terengah-engah itu hanya karena tubuh Anda tak terbiasa dengan aktivitas yang dikerjakan. Agar tak mudah kehabisan napas, Dr. Benzaquen menyarankan untuk berolahraga secara teratur. Berolahraga akan membuat otot Anda lebih efisien dan memerlukan lebih sedikit oksigen saat beraktivitas, tambahnya.

 

Yang perlu diwaspadai adalah jika napas Anda tetap terengah-engah selepas naik tangga padahal sudah rutin berolahraga. Apalagi jika Anda merasa sesak napas saat melakukan aktivitas yang lebih rendah intensitasnya daripada naik tangga. Misalnya, saat mandi atau berjalan pelan.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter karena banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan masalah pada pernapasan, salah satunya penyakit asma. Menurut Mayo Clinic, penyakit serius lainnya yang berkaitan dengan pernapasan diantaranya adalah pneumonia, keracunan karbon monoksida, serangan jantung, gagal jantung, atau penyakit paru-paru.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>