Waspadai Obat-obatan yang Bisa Merusak Organ Hati

 

Dengan bobot sekitar 2 kg, organ hati merupakan organ terbesar di tubuh yang berfungsi menyaring darah, mengolah nutrisi, membantu melawan infeksi, menghasilkan protein untuk pembekuan darah, dan banyak lagi. Tapi semua fungsi ini membuat organ hati Anda rentan terhadap berbagai serangan yang akhirnya bisa menyebabkan gagal hati atau kanker.

Salah satu penyebab kerusakan hati adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Seperti misalnya obat kolesterol yang memiliki efek samping merusak organ hati. Atau, penghilang rasa sakit acetaminophen (Tylenol) yang bisa mencederai organ hati jika diminum terlalu berlebihan.

 

Anda juga perlu ekstra hati-hati jika akan minum beberapa jenis obat secara bersamaan. Karena, kombinasi obat yang salah dapat mengganggu fungsi hati. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang cara teraman untuk mengkonsumsi obat-obatan Anda.

Bagaimana dengan obat atau suplemen herbal?

Label “alami” pada obat atau suplemen herbal tak selalu berarti aman untuk dikonsumsi. Kebanyakan obat herbal yang dijual di pasaran tak berlandaskan penelitian ilmiah, juga tak mencantumkan tanda peringatan keamanan seperti tanggal kadaluwarsa dan efek samping.

http://limaplus101.com/index.php/2017/09/06/minum-suplemen-cuma-buang-buang-uang-saja/

 

Beberapa suplemen herbal yang mengandung rempah malah terbukti dapat menyebabkan hepatitis dan gagal hati. Itulah yang menyebabkan beberapa negara telah melarang atau membatasi rempah. Sebelum memutuskan mengonsumsi obat atau suplemen herbal, konsultasi dulu ke dokter untuk situasi atau kondisi yang Anda alami.

Lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi langsung makanan yang dapat meningkatkan fungsi dan kerja organ hati. Diantaranya sayuran jenis Cruciferous seperti lobak, kembang kol, kubis, selada air, brokoli, bok choy, dan taoge.

Atau, makanan yang kaya akan asam folat seperti roti gandum utuh, sayuran berdaun hijau, stroberi dan melon. Lihat daftar makanan yang baik untuk kesehatan hati di video “9 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Hati

 

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/21/super-suplemen-penyembuh-segala-penyakit/

—–
Sumber: WebMD, Health.com & Prevention.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>