Adakah Lemak Beracun di Perut Anda?

 

Apa itu lemak beracun? Apa tanda-tanda kita memiliki lemak beracun di perut?

Seperti dilansir dari situs Health.com (1/5/2017), lemak di perut terdiri dari dua jenis lemak. Pertama, lemak subcutaneous yang terdapat persis di bawah kulit yaitu bagian yang dapat Anda cubit di perut. Kedua, lemak visceral yang terletak jauh di bawah otot perut, melingkupi organ dan tak dapat diraba dari luar.

http://limaplus101.com/index.php/2017/10/08/gemuk-tapi-kurang-gizi/

 

Lemak visceral inilah yang biasa disebut lemak beracun karena sifatnya yang menghasilkan cytokines –sejenis protein yang dapat menghambat produksi insulin dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Biarpun tubuh Anda tidak terlalu gemuk, memiliki terlalu banyak lemak visceral meningkatkan resiko terkena penyakit.

Lemak visceral mengganggu kerja hati dalam mendeteksi kadar insulin dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Terlalu banyak lemak visceral juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi karena lemak ini melepaskan sejenis zat ke dalam pembuluh balik yang dapat memicu produksi kolesterol pada organ hati.

http://limaplus101.com/index.php/2017/07/20/benarkah-kolesterol-tinggi-disebabkan-faktor-keturunan/

 

Seiring dengan bertambahnya umur seorang wanita, lemak cenderung lebih banyak menumpuk di perut –dibandingkan dengan lemak di pinggul dan paha. Untungnya, lemak di bagian perut tersebut jadi bagian tubuh pertama yang akan hilang jika kita menurunkan berat badan.

Apa tanda-tanda kita memiliki lemak visceral yang terlalu banyak?

Ukur lingkar pinggang Anda. Caranya, tempatkan pita pengukur tepat di atas tulang pinggul, kemudian lingkarkan. Jangan dilingkarkan terlalu ketat, Anda harus merasa nyaman dan tetap bisa bernapas nyaman ketika melakukan pengukuran.

Untuk wanita, ukuran lingkar pinggang tak boleh melebihi 35 inchi atau 88,9 cm. Sementara untuk pria, ukuran lingkar pinggang yang aman adalah kurang dari 40 inchi atau 101,6 cm. Ukuran pinggang Anda jauh dari ideal?

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/14/30-menit-jalan-kaki-di-treadmill-bisa-hilangkan-lemak-di-perut/

 

Tak perlu kuatir. Perbaiki saja pola makan yang sehat dan rutin olahraga kardio (berjalan, berlari, bersepeda, dll). Kedua hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk membakar lemak visceral dan mengecilkan perut Anda.

Apa yang dimaksud pola makan sehat?

Kurangi karbohidrat rafinasi seperti tepung dan gula. Perbanyak sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan makanan penghancur lemak lainnya. Apa saja makanan penghancur lemak? Simak artikelnya di: Makanan Penghancur Lemak

http://limaplus101.com/index.php/2017/10/01/rahasia-awet-muda-jeng-artis/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>