Nyeri Punggung? Mungkin Isi Tas Anda Penyebabnya

 

Isi tas bisa bikin nyeri punggung? Kok bisa?

Apa saja isi tas yang Anda bawa tiap hari? Terlalu beratkah? Sebaiknya berat tas yang Anda bawa tidak melebihi 10% dari berat badan Anda. Karena tas yang terlalu berat akan membebani otot, tendon, saraf, dan ligamen sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri punggung, dan pegal-pegal.

 

Selain itu, membawa tas yang terlalu berat di bahu dalam jangka panjang akan mengakibatkan berbagai gejala serius diantaranya adalah:

  • Peningkatan risiko skoliosis (kelengkungan tulang belakang) atau kyphosis (bungkuk) pada orang yang memiliki tulang lemah
  • Sakit kepala berkepanjangan yang disebabkan oleh tekanan pada otot di bagian belakang kepala dan bahu
  • Osteoartritis atau penyakit sendi degeneratif pada bahu
  • Otot punggung atas (trapezius) dan leher (serviks paraspinal) menjadi tegang karena membawa beban berat dalam satu posisi dari waktu ke waktu
  • Mati rasa dan kesemutan di lengan akibat mikrotrauma saraf

http://limaplus101.com/index.php/2017/09/18/cara-alami-atasi-flu-selain-dengan-vitamin-c/


 Agar tak menyebabkan nyeri punggung, sebaiknya Anda mengurangi berat tas dengan membawa barang yang benar-benar perlu saja. Atau, bawa tas tambahan yang ditenteng untuk mengurangi beban pada bahu.

Jika Anda harus membawa tas sepanjang hari, sempatkan untuk selalu mengganti posisi tas dari bahu kiri ke kanan atau sebaliknya supaya tak membebani satu sisi terus menerus. Ribet? Ganti tas Anda dengan ransel kecil yang terbukti paling efektif dalam mendistribusikan beban.

Jangan lupa untuk memperkuat tulang dengan memperbanyak asupan berkalsium tinggi, seperti susu misalnya. Tidak suka susu? Masih banyak makanan lain dengan kandungan kalsium yang bahkan lebih besar daripada segelas susu. Simak daftarnya di artikel: 6 Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>