Benarkah Radiasi Ponsel Sebabkan Tumor Otak?

Belakangan ini peringatan akan bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh makin marak di berbagai medsos. Mulai dari gangguan tidur, tubuh mudah lelah, sakit kepala, ginjal rusak, serangan jantung, tekanan darah tinggi, bahkan tumor otak disebut-sebut sebagai bahaya radiasi ponsel.

Benarkah radiasi ponsel bisa menyebabkan tumor otak?

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/12/bahaya-main-video-games-bagi-otak/

 

Kekhawatiran akan bahaya pemakaian ponsel ini berawal dari fakta bahwa ponsel memancarkan gelombang radio yang termasuk sejenis radiasi seperti dilansir dari situs Time. Paparan beberapa jenis radiasi seperti sinar x memang terbukti dapat meningkatkan resiko kanker. Tapi sejauh ini, belum ada penelitian valid yang dapat membuktikan bahwa radiasi ponsel akan memiliki efek sama.

Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk menganalisa bagaimana efek pemakaian ponsel terhadap otak manusia. Hasilnya? Temuan yang didapat sangat beragam dan kadang-kadang saling bertentangan antara suatu penelitian dengan penelitian lainnya.

https://www.youtube.com/watch?v=5fp6kx3VMt4

 

Suatu penelitian membuktikan bahwa radiasi ponsel menyebabkan tumor otak pada tikus. Tapi, temuan ini belum tentu memiliki efek yang sama jika diterapkan pada manusia. Lagipula, tikus percobaan tersebut mendapat paparan radiasi yang terlalu tinggi dan dalam periode waktu yang terlalu lama bila  dibandingkan dengan radiasi yang kita dapat dalam pemakaian ponsel sehari-hari.

Sementara dua penelitian skala besar lainnya pada tahun 2011 dan 2013 membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara pemakaian ponsel dan tumor otak pada manusia. Tapi lagi-lagi, penelitian tahun 2017 menyanggah temuan tersebut dan mengklaim adanya hubungan antara ponsel dengan tumor otak walaupun peneliti juga mengakui data yang mereka miliki berkualitas rendah.


CDC dan organisasi kesehatan lainnya mengungkapkan masih perlunya lebih banyak penelitian yang harus dilakukan sebelum secara pasti menyatakan apakah ponsel berdampak negatif terhadap kesehatan atau tidak. WHO sendiri menyebut efek karsinogenik ponsel terhadap tubuh manusia masih berupa kemungkinan.

Jika ponsel benar-benar bisa mengakibatkan tumor otak, seharusnya jumlah kasus penderita tumor otak meningkat tajam khususnya setelah penemuan ponsel. Kenyataannya, jumlah penderita kanker otak dan kematian yang diakibatkannya tidak berubah banyak dalam sepuluh tahun terakhir.

Walaupun demikian, tak ada salahnya jika Anda berhati-hati dan tidak berlebihan menggunakan ponsel. Gunakan headphones atau headset jika Anda harus menggunakan ponsel dalam waktu yang lama saat bekerja. Agar otak tetap sehat, lakukan aktivitas yang menunjang kerja otak seperti dalam artikel Otak Tetap Sehat dengan 10 Kebiasaan Ini.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/10/otak-wanita-lebih-aktif-dibanding-pria/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>