Kebiasaan Sehat yang Mematikan

Ternyata kebiasaan sehat pun bisa berujung pada kematian. Apa saja kebiasaan sehat yang bisa mematikan itu?

Seorang binaragawati berusia 25 tahun –Meegan Hefford, bulan lalu diberitakan tewas karena terlalu banyak mengkonsumsi suplemen protein. Menurut Dr. Mehmet Oz dalam wawancaranya dengan NYpost (21/8/2017), suplemen protein sebenarnya tak berbahaya bagi orang pada umumnya dan kemungkinan untuk overdosis sangat kecil.

Lantas, mengapa Hefford bisa tewas karena minum suplemen protein?

http://limaplus101.com/index.php/2017/09/06/minum-suplemen-cuma-buang-buang-uang-saja/

 

Hefford ternyata mengalami gangguan siklus urea yang menghambat tubuh ibu dua anak itu dalam mencerna protein. Dr Oz menambahkan kelompok orang yang juga rentan dengan suplemen protein, yaitu orang-orang yang mengalami gangguan ginjal dan mereka yang meningkatkan asupan suplemen protein dengan sangat cepat.

Apa lagi kebiasaan sehat yang bisa mematikan?

Minum terlalu banyak air putih. Pada tahun 2007, Jennifer Strange (28 tahun) meninggal akibat keracunan air dalam sebuah lomba yang membuat peserta minum banyak air untuk memenangkan konsol video game.

http://limaplus101.com/index.php/2017/09/04/minum-kopi-bikin-nyeri-haid-tambah-parah/

 

Ahli hidrasi Dr. Stanley Goldfarb –seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania mengatakan bahwa tubuh memang memiliki kapasitas yang besar untuk mengeluarkan air yang diminum, tapi minum air tetap saja harus ada batasannya.

Kebiasaan sehat lainnya yang bisa mematikan adalah terlalu intensif berolahraga. Dr David Greuner, salah satu pendiri NYC Surgical Associates, mengamati adanya peningkatan jumlah pasien yang dirawat karena rhabdomyolysis yang menyebabkan kerusakan otot rangka akibat olahraga yang terlalu intensif.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/kebiasaan-sehat-pencegah-kanker/

Dalam kasus ekstrim, terobsesi untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan berolahraga terlalu keras dapat menyebabkan gagal ginjal dan jantung karena pelepasan potassium dalam darah. Greuner menganjurkan agar olahraga dilakukan secara bertahap dan mengkonsumsi cukup kalori sebelum berolahraga untuk menghindari risiko yang tak perlu.

Berapa lama waktu yang ideal untuk berolahraga?

Sebenarnya berolahraga selama 30 menit 3 – 4 kali dalam seminggu sudah cukup agar tubuh tetap bugar. Selain itu, masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapat dengan berolahraga selama 30 menit, simak manfaatnya di artikel: 30 Menit Berolahraga, Ini Efeknya Bagi Tubuh

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/23/10-000-langkah-setiap-hari-perlukah/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>