Jangan salah pilih! Sesuaikan Kosmetik Dengan Jenis Kulit Anda

 

Apa jenis kulit Anda? Kering? Atau berminyak?

Pastikan jenis kulit Anda sesuai dengan kosmetik yang dipakai karena salah pilih akan membuat wajah jadi berjerawat. Dan jika dibiarkan terus menerus, wajah bisa terkena infeksi kulit kronis. Nooo….

Melansir dari situs Insider (7/9/2017), acne cosmetica atau jerawat akibat pemakaian kosmetik tertentu ini muncul karena produksi komedo berlebihan (penyumbatan pori-pori). Selain karena komedo, penyebab munculnya jerawat bisa dilihat dari bagian wajah mana yang paling sering dipenuhi jerawat. Baca penyebabnya di artikel Ternyata Posisi Bisa Ungkap Penyebab Jerawat.

Salah pilih kosmetik juga bisa menyebabkan dermatitis atau peradangan pada kulit. Ruam yang muncul akibat peradangan ini memang tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tak nyaman bagi penderita.

http://limaplus101.com/index.php/2017/07/17/ternyata-posisi-bisa-ungkap-penyebab-jerawat/

 

Bagaimana cara memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit?

Untuk kulit berminyak atau berjerawat, sebaiknya memilih kosmetik non-comedogenic yang mencegah penumpukan komedo. Batasi pemakaian kosmetik dengan bahan dasar minyak yang cenderung menyebabkan jerawat. Tapi wajah berminyak masih perlu pelembab lho, simak alasannya di artikel Kulit Berminyak Masih Perlu Pelembab?

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/11/kulit-berminyak-masih-perlu-pelembab/

 

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, atau punya riwayat alergi, disarankan untuk menghindari kosmetik yang menyebabkan iritasi kulit seperti toner, scrubs dan acids (salah satunya alpha hydroxy acids yang biasa digunakan dalam kosmetik anti penuaan dini dan obat jerawat).

Pilihlah kosmetik hypoallergenic yang tidak menimbulkan reaksi alergi dan bebas dari bahan-bahan alergen seperti parfum, lanolin, coconut diethanolamide, pengawet (parabens, formaldehyde dan Quaternium-15), dll.

 

Jika kulit Anda sangat sensitif, lebih baik Anda gunakan bahan-bahan alami yang biasanya tak memiliki efek samping. Seperti misalnya menggunakan pisang, madu dan lemon untuk membersihkan komedo (Baca resepnya di artikel: Cara Cepat Hilangkan Komedo Secara Alami)

Jangan berpatokan pada harga saat memilih kosmetik karena mahal bukanlah jaminan kualitas dan belum tentu sesuai jenis kulit Anda. Kadang kosmetik mahal ini sarat dengan kandungan bahan kimia yang tak perlu dan menimbulkan reaksi alergi pada pemakai. Baca tips memilih kosmetik lainnya di artikel : Stop Beli Kosmetik yang Tak Perlu

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/25/stop-beli-kosmetik-yang-tak-perlu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>