Fenomena Semburan Matahari Terjadi Minggu Ini, Apa Efeknya Bagi Kesehatan?

 

Seperti dilaporkan NASA, pada tanggal 6 September 2017 matahari melontarkan semburan radiasi yang terbesar sepanjang 12 tahun terakhir. Semburan partikel berenergi tinggi dan ledakan sinar ultraviolet ini diprediksi akan menjangkau atmosfer Bumi dalam beberapa hari.

Semburan matahari tercatat menyebabkan blackout pada gelombang radio dan guncangan radiasi akibat badai geomagnetik yang masih terus berlanjut di beberapa hari mendatang. Lantas, apa pengaruh badai ini bagi kesehatan tubuh kita?

http://limaplus101.com/index.php/2017/09/03/password-anti-peretas-yang-terbukti-ilmiah/

 

Untungnya, semburan matahari ternyata tidak berdampak banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Melansir dari situs Health, Dale Gary, PhD –profesor dari NJIT’s Center for Solar- Terrestrial Research, mengungkapkan “Radiasi energi tinggi memang akan berdampak bagi kesehatan jika mengenai tubuh, tapi sinar dan partikel (dari badai matahari) tersebut tidak bisa menembus atmosfer Bumi.”

Namun, tak semua ahli meyakini bahwa semburan matahari tersebut tidak berbahaya. Penelitian yang dipublikasikan di journal Stroke pada tahun 2014 itu melaporkan temuan adanya hubungan antara badai geothermal dan resiko stroke pada responden di New Zealand, Australia, Inggris, Prancis, dan Swedia.

https://www.youtube.com/watch?v=5fp6kx3VMt4

 

Sayangnya, penelitian tersebut tidak bisa menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat dan para peneliti juga tidak memiliki informasi terperinci tentang faktor resiko kardiovaskuler dari responden. Mereka hanya berspekulasi bahwa fluktuasi magnetik dapat mempengaruhi tekanan darah, detak jantung, kemampuan pembekuan darah, atau ritme sirkadian, yang mengarah pada peningkatan risiko stroke.

Menanggapi hal ini, Dale Gary menepis temuan penelitian tersebut karena menurutnya fluktuasi magnetik yang terjadi amat sangat kecil, dan sepertinya tak akan mampu mempengaruhi kesehatan tubuh.

 

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/26/ponsel-lebih-kotor-dibanding-dudukan-toilet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>