Minum Kopi Bikin Nyeri Haid Tambah Parah?

Tak hanya kopi, minuman lainnya yang mengandung kafein juga dihindari saat haid, seperti teh, coklat, minuman bersoda dan minuman energi.  Benarkah minuman berkafein bikin nyeri haid tambah parah?

Kafein dalam kopi memang sering disebut-sebut dapat menyebabkan nyeri haid dan kram karena fungsinya sebagai vasoconstrictor (menyempitkan jalan darah dan bisa mengakibatkan nyeri), sekaligus sebagai vasodilator (meningkatkan aliran darah).

Tapi efek kafein ini terbukti hanya bersifat sementara dan tidak ditemukan pada orang-orang yang sudah biasa meminum kopi. Beberapa obat-obatan pengurang nyeri haid yang dijual bebas bahkan mengandung kafein untuk meningkatkan kerja bahan utama dalam obat tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=GU6rMWNY4ts

 

Saat ini, asumsi bahwa kafein mengakibatkan nyeri haid masih belum didukung bukti ilmiah yang cukup. Melansir dari situs LiveStrong (14/8/2017), beberapa penelitian memang menemukan adanya hubungan antara kafein dengan kondisi mental sebelum dan saat haid, tapi belum ada yang menyebutkan efek kafein terhadap nyeri haid.

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Women’s Health” edisi Juli – Agustus 2017 yang mengungkapkan temuan bahwa kafein hanya berkaitan dengan perubahan mood dan gejala kecemasan sebelum haid.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/04/15-vitamin-terbaik-untuk-wanita/

 

Penelitian lainnya yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition edisi Juli 2016 juga menganalisa efek kafein dan minum kopi pada lebih dari 3.600 wanita. Dalam penelitian itu, tak ditemukan adanya hubungan antara kafein dengan gejala-gejala seperti nyeri dada, mudah lelah, dan sensitif. Bahkan responden yang minum 4 cangkir kopi per hari tidak mengalami gejala-gejala tersebut.

Walaupun kafein belum bisa dipastikan sebagai penyebab nyeri haid, sebaiknya kopi tetap dihindari khususnya untuk orang-orang yang sensitif terhadap efek kafein atau tidak biasa minum kopi. Apalagi jika minum kopi menyebabkan gangguan tidur, pusing, kecemasan berlebihan dan jantung berdebar cepat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>