Eksis di Medsos Gara-Gara Depresi?

 

Apa pilihan filter foto yang sering Anda gunakan di Instagram? Inkwell? Atau Valencia? Tanpa disadari, pilihan filter ternyata bisa jadi pertanda apakah Anda sedang mengalami depresi atau tidak.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal EPF Data Science, aktivitas di media sosial berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Dengan melibatkan 40.000 foto dari 166 orang di Instagram, penelitian tersebut membuktikan bahwa foto dan pilihan filter di Instagram bisa jadi penanda gejala depresi yang bersangkutan.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/12/bahaya-main-video-games-bagi-otak/

 

Menurut penelitian ini, orang-orang depresi lebih jarang menggunakan filter foto bila dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengalami depresi. Kalaupun memakai filter, kebanyakan orang-orang depresi memilih filter Inkwell yang mengubah warna foto menjadi hitam putih. Sebaliknya, orang-orang yang tidak mengalami depresi lebih memilih filter Valencia yang membuat foto tambah bercahaya.

Seperti diungkapkan situs Dr. Axe, penelitian lainnya di Inggris juga mengidentifikasikan Instagram sebagai media sosial yang paling sering dikaitkan dengan perasaan negatif meliputi depresi, kecemasan, kesepian, gangguan tidur, dan perundungan (bullying). Dalam hal ini, Snapchat menempati posisi kedua setelah Instagram.

Masih banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan peran media sosial terhadap kondisi mental seseorang.  Diantaranya adalah penelitian yang mengungkapkan bahwa aktif di banyak medsos memperbesar kemungkinan mereka mengalami depresi.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/25/pil-pengganti-olahraga/

 

Bagaimana dengan Facebook? Orang-orang yang aktif menggunakan Facebook ternyata terbukti memiliki tingkat kepuasan hidup yang rendah. Selain itu, eksis di Facebook juga dikaitkan dengan karakter yang narsis dan tak percaya diri.

Tentunya temuan penelitian ini tak berlaku bagi semua orang yang aktif menggunakan medsos. Ada sebagian orang yang aktif hanya karena ingin berbagi pengalaman hidupnya di medsos atau ada pula yang eksis karena tuntutan bisnis online yang dijalankannya.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/26/ponsel-lebih-kotor-dibanding-dudukan-toilet/

 

Dr. Axe menyarankan agar tidak terlalu bergantung pada medsos agar kesehatan kejiwaan Anda tetap terjaga. Apa tanda-tanda ketagihan medsos yang perlu diwaspadai ? Diantaranya adalah selalu memeriksa akun medsos sebelum tidur dan saat bangun tidur. Atau, Anda merasa ada yang hilang jika jarang melihat postingan medsos. Lebih lengkapnya, simak video “9 Gejala Ketagihan Medsos” berikut.


One thought on “Eksis di Medsos Gara-Gara Depresi?

  • October 15, 2018 at 3:10 am
    Permalink

    Dalam hal ini, Snapchat menempati posisi kedua setelah Instagram. tapi untuk sekarang kayanya tidak ya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>