Cara Mudah Kurangi Konsumsi Gula

 

Tidak hanya mengakibatkan kegemukan, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga disebut-sebut berkaitan erat dengan penyakit diabetes, penyakit jantung, jerawat, keriput dan gejala penuaan dini lainnya.

Berapa banyak gula yang aman dikonsumsi tiap harinya? Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, batas maksimum konsumsi gula perhari untuk orang dewasa (diatas 13 tahun) adalah 5 – 9 sendok teh. Ukurannya sendok teh yaa… Bukan sendok makan 😉

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/21/super-suplemen-penyembuh-segala-penyakit/

 

Karena gula bersifat adiktif, tak jarang orang merasa sulit jika harus mengurangi konsumsi gula.  Berikut beberapa cara mudah untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebihan.

Pertama, hindari minuman bersoda, jus kemasan, sport drink, dan minuman kemasan lainnya. Sebagian besar minuman kemasan ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Satu kaleng minuman bersoda, misalnya, bisa mengandung sekitar 9 sendok teh gula.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/28/benarkah-minum-soda-sebabkan-osteoporosis/

 

Kedua, baca label komposisi bahan makanan dengan seksama. Bahan makanan yang tidak berasa manis pun kadang-kadang mengandung gula seperti misalnya saus tomat, kripik, bumbu, saus salad, dll.

Ketiga, kenali nama lain dari gula. Kadang unsur gula pada komposisi bahan makanan disebutkan dalam istilah yang berbeda, seperti fruktosa, maltosa, dextrosa, sukrosa, brown sugar, molasses, sirup maple, xylitol, barley malt dll.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/12/makan-pisang-solusi-alami-atasi-hipertensi/

 

Keempat, tambahkan protein rendah lemak sebanyak 80 – 100 gr dalam tiap menu makanan. Protein rendah lemak akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi keinginan untuk ngemil.  Atau, bisa juga dengan memperbanyak asupan buah, sayur dan serealia utuh (seperti nasi merah dan polong-polongan).

Masih ada 5 cara mudah lainnya untuk mengurangi konsumsi gula, simak video “10 Cara Mudah Kurangi Gula” berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=Tz1CcGWo5uU

One thought on “Cara Mudah Kurangi Konsumsi Gula

  • October 15, 2018 at 2:24 am
    Permalink

    terimakasih banyak tips dan cara nya merubah hal manis dengan buah yang jelas2 memiliki vitamin yang menyehatkan untuk tubuh kita.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>