Benarkah Minum Soda Sebabkan Osteoporosis?

Bukannya soda termasuk minuman ringan? Bagaimana minuman bersoda dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis?

Soda mengandung asam fosfat yang mengikat magnesium, zinc, dan kalsium. Asam fosfat membawa mineral-mineral yang seharusnya memperkuat tulang tersebut keluar lagi melalui urine. Menurut MedPage Today seperti yang dipublikasikan situs Live Strong (14/08/2017), efek dari soda yang merusak tulang ini lebih banyak ditemukan pada wanita dan remaja dibanding pada pria dewasa.

Remaja memiliki risiko paling besar jika meminum soda karena mereka umumnya lebih menyukai junk food dan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Akibatnya, kalsium yang terbuang karena asam fosfat dari soda tidak bisa tergantikan lagi karena asupan kalsium mereka tak mencukupi.

Kurangnya asupan kalsium pada tulang di usia remaja akan meningkatkan risiko tulang patah atau retak dan pengeroposan tulang saat dewasa nantinya. Cermati gejala-gejala pada tubuh yang bisa menandakan kondisi tulang bermasalah (Baca daftar gejalanya di artikel: 4 Tanda Tulang Bermasalah).

Selain itu, minum soda secara berlebihan juga bisa merusak gigi. Menurut Academy of General Dentistry, soda mengandung asam sitrat yang merusak enamel (email) gigi dan membuat gigi jadi mudah membusuk.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/20/detoks-cara-alami-bersihkan-tubuh-dari-racun/
http://limaplus101.com/index.php/2017/08/21/super-suplemen-penyembuh-segala-penyakit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>