10.000 Langkah Setiap Hari, Perlukah?

 

Kalau dihitung secara kasar, 10.000 langkah setara dengan hampir 8 Km. Whoaa….

Perlukah kita berjalan kaki sejauh 8 km tiap hari?

Menurut penelitian yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information, 8.000 langkah saja sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan olahraga standar untuk orang dewasa.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/21/super-suplemen-penyembuh-segala-penyakit/

 

Tapi, ada dua syaratnya: Pertama, 3.000 langkah terakhir dilakukan dengan kecepatan yang relatif cepat (minimal 100 langkah per menit). Kedua, lakukan penambahan kecepatan secara bertahap minimal tiap 10 menit.  Walaupun dikerjakan sejauh 10.000 langkah, jika dua syarat ini tidak dilakukan maka olahraga yang Anda lakukan belum bisa dikatakan cukup.

8.000 langkah masih terasa berat?

Jika memang tak sanggup melangkah sebanyak itu, kurang dari 5.000 langkah per hari pun tidak masalah asal jumlahnya bertambah 500 langkah setiap hari sampai mencukupi jumlah 8.000 langkah.

Atau, mulai dulu dengan melakukan kegiatan yang memerlukan banyak gerakan kaki tiap harinya. Seperti misalnya memilih naik tangga bukan lift, mencari tempat makan siang dengan berjalan kaki, berjalan kaki ketimbang naik kendaraan untuk tujuan yang tak terlalu jauh dll.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/biarpun-hanya-satu-menit-berlari-dapat-memperkuat-tulang/

 

Dengan membiasakan diri untuk bergerak aktif tiap hari, setidaknya Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke (Baca juga: Hati-hati! Malas Gerak Akibatkan Penyakit Mematikan Ini). Jalan kaki juga terbukti lebih efektif membakar lemak dibanding berlari (Baca juga: Jalan Kaki, Cara Terbaik Membakar Lemak Daripada Berlari)

Perlu diingat bahwa rekomendasi 10.000 langkah per hari ini ditujukan untuk kesehatan individu secara umumnya. Jadi belum cukup jika Anda ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kinerja tubuh, atau memperbaiki sistem kardiovaskular.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/14/30-menit-jalan-kaki-di-treadmill-bisa-hilangkan-lemak-di-perut/
http://limaplus101.com/index.php/2017/08/18/gak-apa-apa-gemuk-yang-penting-sehat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>