Super Suplemen, Penyembuh Segala Penyakit

Umumnya orang enggan mengkonsumsi makanan bergizi dan cenderung memilih suplemen untuk menggantikan vitamin atau mineral yang diperlukan tubuh. Biasanya mereka termakan tayangan iklan yang menggembar-gemborkan keunggulan suplemen dan mengklaim keajaibannya dengan sederet testimoni.

Tak usah pusing, makan saja sesuka hati dan minum super suplemen yang mengandung segudang vitamin dan mineral. Ampuh menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari flu sampai penyakit kaliber berat seperti kanker. Suuuper!

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/kebiasaan-sehat-pencegah-kanker/

 

Kenyataannya, jika Anda mengkonsumsi makanan yang tak sehat dalam jangka waktu lama, suplemen pun tak mampu menggantikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan klaim menyembuhkan penyakit oleh beberapa suplemen herbal, kebanyakan belum terbukti secara ilmiah dan biasanya masih dalam tahap awal penelitian seperti dilansir dari situs Knowridge (20/08/2017).

Dalam kondisi normal, mengkonsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin dan mineral sudah cukup untuk memenuhi kecukupan gizi harian. Selain vitamin dan mineral, makanan alami seperti buah dan sayuran memiliki zat-zat lain yang dapat meningkatkan kesehatan.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/04/15-vitamin-terbaik-untuk-wanita/

 

Sementara untuk kondisi-kondisi tertentu, asupan suplemen mungkin masih diperlukan. Seperti ibu hamil yang membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari untuk menurunkan risiko cacat lahir. Atau, orang berusia di atas 50 tahun yang mungkin membutuhkan lebih banyak vitamin B12 dan vitamin D.

Sebelum minum suplemen apapun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda tentang perlu tidaknya minum suplemen atau seberapa banyak yang harus dikonsumsi. Karena, mengkonsumsi suplemen juga memiliki risiko tersendiri.

Misalnya, terlalu banyak vitamin A selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir. Atau, minum suplemen saat Anda dalam pengobatan medis, karena suplemen dapat berinteraksi dengan obat dengan cara yang yang bisa membahayakan tubuh Anda.

 

Mengutip dari situs ScienceAlert (19/08/2017), daftar suplemen yang tak perlu Anda konsumsi diantaranya suplemen dengan bahan ginseng, ginko biloba, ekstrak teh, minyak ikan, multivitamin, probiotik, vitamin B3 dan vitamin C. Klaim dari suplemen-suplemen ini biasanya tidak terbukti secara ilmiah.

Selain itu juga suplemen yang mungkin mengandung bahan-bahan berbahaya atau illegal seperti vitamin E, antioksidan dan penambah stamina. Bahkan ada juga suplemen yang dicurigai dapat menyebabkan penyakit kronis atau kematian, yaitu suplemen penurun berat badan.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/20/detoks-cara-alami-bersihkan-tubuh-dari-racun/

Sementara, suplemen yang bisa dikonsumsi dalam kondisi tertentu diantaranya vitamin D yang sulit didapat dari asupan makanan, creatine untuk olahraga intensitas singkat, asam folat untuk ibu hamil dan zinc untuk flu (Sumber: Infografis Business Insider dirangkum dari New England Journal of Medicine, Journal of the American Medical Association, PLOS Medicine, NIH, US FDA, Mayo Clinic, American Journal of Clinical Nutrition, Cochrane Systematic Review, Harvard Healthbeat).

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/20/hati-hati-mager-akibatkan-penyakit-mematikan-ini/
http://limaplus101.com/index.php/2017/08/18/gak-apa-apa-gemuk-yang-penting-sehat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>