Detoks, Cara Alami Bersihkan Tubuh Dari Racun

 

Tanpa disadari, makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya memiliki efek samping berupa toksin atau racun. Racun tersebut bisa mengendap dan terus menumpuk dalam tubuh kita sehingga mempengaruhi kerja organ tubuh, peredaran darah tak lancar sampai meningkatkan risiko terkena kanker. Hiiiyyy…

Untuk membersihkan tubuh dari racun secara alami, disarankan melakukan detoks atau detoksifikasi. Banyak cara digunakan dalam detoks, seperti detoks lemon yang mengandalkan sari lemon yang dicampur dengan cabai cayenne. Atau, detoks Raw Food dengan asupan makanan mentah yang berasal dari buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan serealia.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/makanan-penghancur-lemak/

 

Perlu diingat juga bahwa tak semua orang dapat melakukan detoks karena dapat membahayakan tubuh mereka. Diantaranya adalah ibu hamil, remaja, serta penderita penyakit diabetes, penyakit jantung,  tekanan darah rendah atau hipertensi (Baca juga: Makan Pisang, Solusi Alami Atasi Hipertensi)

Apa manfaat detoks?

Karena kebanyakan toksin tersimpan di organ vital, maka organ-organ seperti hati dan perut akan mulai bekerja lebih efektif setelah detoks selesai. Tubuh pun terasa lebih ringan dan berenergi.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/20/hati-hati-mager-akibatkan-penyakit-mematikan-ini/

 

Manfaat fisik dari detoks lainnya adalah membersihkan darah yang membantu melancarkan peredaran darah. Detoks juga membersihkan radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat dan mengurangi risiko terkena kanker (Baca juga: Kebiasaan Sehat Pencegah Kanker)

Selain fisik, detoks memiliki manfaat psikis karena toksin dan radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh juga bisa mempengaruhi fungsi otak. Detoks akan sangat membantu mengurangi masalah—masalah psikis seperti gangguan tidur, kelelahan kronis, dan sulit berkonsentrasi.

 

Bagaimana cara melakukan detoks?

Seperti dilansir dari Livestrong (14/08/2017), detoks sebaiknya dilakukan secara alami dan menjauhi hal-hal yang ekstrem. Salah satunya adalah saran dari para peneliti di DisabledWorld.com, yaitu menghindari makanan pemicu gangguan kesehatan seperti makanan olahan dan mengandalkan makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serealia.

Selama detoks, direkomendasikan untuk minum banyak air yang membantu membersihkan toksin dari hati dan ginjal. Kebanyakan cara detoks juga menganjurkan untuk menghindari kafein, alkohol, dan rokok. Simak video tentang “5 Cara Mudah Detoks Tubuh Secara Alami” yang mengumpulkan saran-saran dari para ahli seperti disadur sebagian dari situs Shape.

https://www.youtube.com/watch?v=UokdqF_dNTw

Menurut ahli diet Juliette Kellow, detoks haruslah memprioritaskan kecukupan nutrisi dan keseimbangan gizi. Karena, membatasi asupan makanan secara tak terkontrol akan mengakibatkan kelelahan berkepanjangan, kekurangan vitamin, gangguan gula darah, dan menurunkan kekebalan tubuh.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/18/gak-apa-apa-gemuk-yang-penting-sehat/http://limaplus101.com/index.php/2017/08/05/masih-muda-kenapa-bisa-pikun/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>