Gak apa-apa gemuk, yang penting sehat!

 

Tekanan darah, gula darah dan kolesterol, semuanya normal kok!

Jadi gak apa-apa gemuk, yang penting sehat kan?

Sayangnya, orang dengan berat badan berlebih tidak bisa dibilang sehat setidaknya menurut temuan penelitian dari Imperial College London dan Cambridge University.  Penelitian yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang di 10 negara di Eropa tersebut mengungkapkan peningkatan risiko penyakit jantung yang sangat berkaitan dengan kelebihan berat badan.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/14/30-menit-jalan-kaki-di-treadmill-bisa-hilangkan-lemak-di-perut/

 

Seperti dipublikasikan situs WebMD (14/08/2017), para peneliti menyatakan bahwa kelebihan berat badan itu tidak secara langsung meningkatkan risiko penyakit jantung, melainkan melalui mekanisme seperti tekanan darah tinggi dan glukosa tinggi.

Walaupun orang yang bersangkutan tak memiliki masalah dengan tekanan darah, gula darah dan kolesterol, berat badan yang berlebih bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner sampai sebanyak 28 persen.

Apa yang membuat seseorang dikategorikan memiliki berat badan yang berlebih?

Mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) 25-30 dikategorikan memiliki berat badan berlebih, sedangkan BMI lebih dari 30 termasuk obesitas. Untuk berat badan normal dan sehat, BMI berkisar antara 18,5-25.

Cara menghitung BMI?

Dengan membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam m) yang sudah dikalikan dalam kuadrat. Misalkan, berat badan saya 55 kg dan tinggi badan 1,6 m maka BMI saya adalah 55 : (1,6 x 1,6) = 21,5.

https://www.youtube.com/watch?v=bXmIg9y2yrc&t=24s

 

Bagaimana cara menurunkan ke berat badan normal?

Disarankan untuk tidak bergantung pada suplemen diet dan menurunkan badan secara alami dengan memperbaiki pola makan sehari-hari. Misalnya dengan mengkonsumsi menu Mediterranean yang mayoritas terdiri dari makanan berasal dari tanaman (lebih lanjut tentang menu Mediterranean, baca artikel: Turunkan Berat Badan Tanpa Diet).

Selain itu, Anda bisa memilih jenis-jenis makanan yang menstimulasi produksi hormon sehingga dapat menyebabkan turunnya berat badan (baca daftar lengkap makanannya di artikel: Makanan Penghancur Lemak). Dan masih banyak cara-cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat lainnya seperti disini.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/makanan-penghancur-lemak/

Tentunya memperbaiki pola makan saja belum cukup untuk menurunkan berat badan secara maksimal. Sebaiknya Anda juga berolahraga aerobik secara rutin minimal 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Contoh olahraga yang bisa dilakukan antara lain berjalan kaki, bersepeda, jogging, dan berenang.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/14/30-menit-jalan-kaki-di-treadmill-bisa-hilangkan-lemak-di-perut/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>