Makan Pisang, Solusi Alami Atasi Hipertensi

Penelitian membuktikan bahwa dengan makan minimal tiga pisang dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Apa sebenarnya yang membuat pisang bisa menurunkan tekanan darah?

Pisang sangat kaya akan kalium, sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg kalium.  Kalium berfungsi mengendurkan dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari kram otot.

Baca juga: Kebiasaan Sehat Pencegah Kanker

Melansir dari Harvard Health Publication, sejumlah penelitian bahkan menunjukkan hubungan antara asupan kalium yang rendah dengan peningkatan tekanan darah dan risiko stroke yang lebih tinggi. Di sisi lain, orang yang menderita hipertensi dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah sistoliknya dengan meningkatkan asupan kalium.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/04/15-vitamin-terbaik-untuk-wanita/

Masih banyak makanan lain yang kaya akan kalium diantaranya adalah pepaya, melon, mangga, kiwi, alpukat, tomat, ikan salmon, yoghurt. Namun pisang memiliki keunggulan tambahan bila dibandingkan dengan makanan kaya kalium lainnya.

Selain kalium, pisang banyak mengandung serat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Serat larut air yang terdapat pada pisang tersebut berkaitan erat dengan penurunan risiko penyakit jantung.

 

Tak hanya itu, pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino non esensial untuk menghasilkan sel-sel tubuh yang sehat. Vitamin ini juga membantu produksi antibodi yang sangat penting untuk mengatasi infeksi.

Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari pisang, lebih lengkapnya simak video tentang “10 Manfaat Makan Pisang Tiap Hari” berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=QqdI4cbydOM

Tentunya asupan kalium saja belum cukup untuk mengatasi hipertensi secara maksimal. Selain pola makan yang sehat, para ahli juga menyarankan penderita hipertensi untuk berolahraga aerobik secara rutin minimal 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Contoh olahraga yang bisa dilakukan antara lain berjalan kaki, bersepeda, jogging, dan berenang.

 

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/biarpun-hanya-satu-menit-berlari-dapat-memperkuat-tulang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>