Susah Tidur Gara-Gara Smartphone

 

Sering main smartphone sebelum tidur?

Kebiasaan ini ternyata jadi salah satu penyebab kita susah tidur seperti yang dipublikasikan dalam hasil penelitian di jurnal Ophthalmic & Physiological Optics. Menurut penelitian tersebut, layar smartphone yang memancarkan cahaya biru dapat berdampak negatif terhadap kualitas tidur seseorang.

Baca juga: Kebiasaan Sehat Pencegah Kanker

Melansir dari Medical Daily (31/7/2017), responden yang menjadi obyek penelitian memakai kacamata pelindung beberapa jam sebelum mereka tidur. Hasilnya, jumlah melatonin yang diproduksi tubuh mereka pada malam hari meningkat hampir 58 persen.

Apa itu Melatonin?  Menurut National Sleep Foundation, melatonin adalah hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar kecil di otak dan membuat tubuh Anda tahu kapan waktunya untuk tidur.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/05/masih-muda-kenapa-bisa-pikun/

 

Selain menggunakan indikator tidur yang obyektif, para peneliti juga mengumpulkan data kualitas tidur yang subyektif melalui Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil kuesioner mengungkapkan bahwa responden tidur lebih nyenyak, lebih cepat tertidur, dan tidur lebih lama setiap malamnya.

 

Menurut Dr. Lisa Ostrin -asisten profesor di Universitas Houston College of Optometry, produksi melatonin akan terhambat saat tubuh terkena cahaya buatan, seperti cahaya biru yang ditemukan pada sebagian besar perangkat berbasis LED.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/kebiasaan-sehat-pencegah-kanker/

 

Hal ini terjadi karena cahaya buatan tersebut mengaktifkan fotoreseptor yang mencegah produksi melatonin. Untuk mengatasi efek negatif cahaya biru, Ostrin merekomendasikan penggunaan kacamata khusus yang menghalangi cahaya buatan tersebut.

Ia juga menyarankan untuk mengurangi waktu main smartphone atau gadget lainnya yang memancarkan cahaya buatan, dan menggunakan filter pada layar untuk membantu menghalangi cahaya buatan tersebut.

Masih susah tidur? Simak tips cara cepat tidur nyenyak dan sehat berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=dSm0DGDyCg4

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>