Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria

Menurut penelitian Amen Clinics yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, wanita memiliki lebih banyak bagian otak yang aktif dibanding pria. Penelitian ini menggunakan SPECT yang mengukur aliran darah di otak saat responden beristirahat atau saat melakukan berbagai tugas kognitif.

Baca juga: Kebiasaan Sehat Pencegah Kanker

Melansir dari situs Science Daily (7/8/2017), terungkap bahwa otak wanita aktif di korteks prefrontal (berkaitan dengan fokus dan pengendalian keinginan) dan limbik (area emosional yang berkaitan dengan mood dan kecemasan). Sementara untuk pria, otak lebih aktif di bagian otak yang mengatur penglihatan dan koordinasi.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/09/posisi-jari-ini-bisa-meningkatkan-metabolisme-tubuh/

 

Artinya?

Temuan penelitian ini menjelaskan mengapa wanita cenderung lebih empati, intuitif, kolaborasi, mengendalikan diri, dan perhatian bila dibandingkan dengan pria. Selain itu, aktifnya limbik otak menjelaskan mengapa wanita lebih rentan terhadap kecemasan, depresi, insomnia, dan gangguan makan.

Sangatlah penting untuk memahami perbedaan ini karena gangguan otak akan mengakibatkan dampak yang berbeda tergantung jenis kelaminnya. Dalam hal ini, wanita lebih berisiko terkena penyakit Alzheimer, depresi, dan gangguan kecemasan. Sementara pria lebih berisiko terkena ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/05/masih-muda-kenapa-bisa-pikun/

One thought on “Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria

  • October 13, 2018 at 3:38 pm
    Permalink

    Wahh terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>