Gerhana Bulan 2017

Fenomena astronomi menarik Gerhana Bulan terjadi pada Senin (7/8/2017) malam hingga Selasa (8/8/2017) dini hari. Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak sampai ke bulan. Gerhana bulan disebabkan oleh dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gerhana bulan dimulai pukul 22.48 WIB, hari Senin tanggal 7 Agustus 2017. Gerhana bulan sebagian dimulai pukul 00.22 WIB dan puncaknya terjadi pukul 01.20 yang berakhir pada pukul 02.18 WIB. Sementara gerhana berakhir seluruhnya pada pukul 03.52 WIB, hari Selasa tanggal 8 Agustus 2017.

Waktu kejadian Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia ini dapat dilihat dari wilayah WIB sampai WIT. Sedangkan Gerhana bulan total akan terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017, tapi sayangnya fenomena ini tak dapat diamati dari Indonesia.

Berikut foto-foto penampakan gerhana bulan dari berbagai belahan dunia

INDONESIA
YUNANI
AUSTRALIA
 BAGHDAD
PRANCIS
 INDIA
JERMAN
 KAIRO
 KENYA
 PAKISTAN
SWISS
TEHERAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>