Tidur Sambil Bakar Kalori

 

Tahukah Anda bahwa saat tidur tubuh juga dapat membakar kalori?

Aktivitas tubuh seperti bernafas selama tidur mengeluarkan energi yang cukup untuk membakar kalori walaupun jumlah kalori yang dibakar bisa dibilang sangat rendah. Walaupun rendah, tapi angka itu masih setara dengan jumlah kalori yang dibakar saat duduk menonton televisi. Dan ternyata jumlah kalori yang dibakar saat tidur  masih bisa ditingkatkan lagi.

Baca juga: Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism menunjukkan bahwa wanita membakar sekitar 512 kalori saat tidur sementara pria membakar sekitar 736 kalori dalam tidur seminggu (8 jam tidur sehari-hari).

Rata-rata tingkat metabolisme basal (basal metabolic rate atau BMR) untuk wanita sekitar 80 kalori per jam, sedangkan BMR untuk pria sebesar 115 kalori per jam. Atas dasar temuan pada metabolisme tidur, wanita kehilangan rata-rata 0,45 kg berat badan selama seminggu ketika tertidur, sedangkan pria kehilangan 0,45 kg dalam lima hari.

https://www.youtube.com/watch?v=bXmIg9y2yrc&t=24s

 

Melansir dari Reader’s Digest, jumlah kalori yang dibakar saat tidur ternyata masih bisa ditingkatkan lagi. Caranya? Salah satunya dengan tidur dalam kegelapan agar tubuh dapat memproduksi hormon melatonin yang terbukti membantu proses pembakaran kalori. Selain itu, Mayo Clinic merekomendasikan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam tiap hari agar Anda bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari -bahkan saat Anda tak aktif.

Baca juga: Tips Cara Cepat Tidur Nyenyak dan Sehat

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition juga mengungkapkan bahwa responden yang cukup beristirahat akan membakar 20 persen lebih banyak kalori setelah makan dibandingkan dengan responden yang kurang tidur. Penelitian terkait menemukan fakta bahwa kurang tidur akan membuat sel lemak kurang peka terhadap insulin, sebuah perubahan metabolik terkait dengan obesitas.

https://www.youtube.com/watch?v=VcmUBVPXDec

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>