Cara Efektif Atasi Nyeri Sendi

 

Nyeri sendi memang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Aktivitas sederhana seperti bangkit dari duduk atau berjalan jadi sulit dilakukan dan terasa sangat menyakitkan.

Lalu bagaimana cara yang efektif untuk mengatasi nyeri sendi?

Melansir dari situs Knowridge, olahraga yang dilakukan dengan benar ternyata bisa memiliki efek jangka panjang untuk mengatasi nyeri sendi pada pergelangan kaki, lutut, pinggul, atau bahu.

Baca juga: Agar Olahraga Efektif Menurunkan Berat Badan

Bergerak sedikit saja terasa sakit, bagaimana kalau olahraga? Bukankah nyeri sendi jadi tambah parah?

Sebaliknya, olahraga malah dapat membantu meringankan nyeri sendi. Diantaranya dengan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada otot dan jaringan ikat yang mengelilingi sendi. Bila otot paha lebih kuat, misalnya, maka otot tersebut akan membantu menopang lutut sehingga mengurangi tekanan pada sendi itu.

 

Gerakan dalam olahraga yang diakhiri dengan peregangan juga dapat mengurangi kekakuan sendi penyebab nyeri berkepanjangan. Karena, olahraga terbukti mampu meningkatkan produksi cairan synovial -pelumas di dalam sendi, yang membantu membawa oksigen dan nutrisi ke dalam persendian.

Selain itu, olahraga akan meningkatkan produksi senyawa alami dalam tubuh yang membantu mengurangi rasa sakit. Dengan kata lain, tanpa olahraga, Anda akan lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Efek positif lainnya dari olahraga adalah menjaga berat badan yang dapat mengurangi tekanan pada sendi-sendi penahan berat badan, seperti sendi pada pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

https://www.youtube.com/watch?v=2yqxfKJLJpo
https://www.youtube.com/watch?v=tf9WGacuPDI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>