Smiley, Emoji Tertua Berusia 3.700 Tahun?

Emoji smiley yang mendunia terlihat seperti kreasi era modern, tapi asumsi itu mungkin saja keliru dengan baru ditemukannya guratan mirip smiley pada keramik kuno seperti dilansir dari LiveScience (22/7/2017). Temuan bersejarah berupa pitcher atau tempat air minum itu ditemukan tim arkeolog dari Turki dan Italia saat ekskavasi di Karkemish, sebuah kota kuno Hittite di Turki dekat perbatasan Suriah.

Baca juga: Benarkah Kolesterol Tinggi Disebabkan Faktor Keturunan?

Ditemukan terpendam di tempat pemakaman di bawah sebuah rumah, pitcher itu dulunya biasa digunakan untuk tempat serbat, semacam minuman dengan rasa manis. Keramik yang diperkirakan berusia 3.700 tahun tersebut memiliki goresan cat persis seperti smiley dengan satu garis senyum dan dua titik mata di atasnya.

Nikolo Marchetti -profesor di Departemen Sejarah dan Budaya di Universitas Bologna Italia menegaskan bahwa wajah tersenyum itu benar-benar terlihat jelas tanpa ada tambahan goresan cat lainnya di seluruh permukaan keramik. Menurutnya, guratan tersebut tidak memiliki kesamaan sedikit pun dengan seni keramik kuno yang ada di daerah itu. Marchetti menambahkan, “Mengenai artinya, anda bisa bebas menafsirkannya sendiri.”

http://limaplus101.com/index.php/2017/07/21/wow-ada-satu-ton-sampah-plastik-untuk-tiap-manusia-di-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>