Wow! Ada Satu Ton Sampah Plastik Untuk Tiap Manusia di Dunia

Seperti dilansir dari Science Alert, lebih dari 9 milyar ton plastik yang diproduksi sejak tahun 1950 masih menyisakan 7 milyar ton sampah plastik hingga kini. Berarti, tiap manusia di dunia saat ini terbebani dengan 1 ton sampah plastik. Wow!

Seiring dengan terus menggunungnya sampah plastik yang sulit dihancurkan di darat maupun di laut, laju produksi plastik pun makin tak tertahankan. Pada tahun 1960, tercatat hanya 1 persen sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah kota di seluruh dunia. Begitu kemasan plastik sekali pakai digandrungi konsumen, jumlah sampah plastik langsung meningkat menjadi 10 persen di tahun 2005.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah, Olahraga atau Bukan?

Prosiding National Academy of Sciences baru-baru ini mengungkapkan hasil penelitian yang menyebutkan ada sekitar 7.000 hingga 35.000 ton sampah plastik mengapung di laut. American Association for the Advancement of Science menambahkan bahwa jika kondisi ini terus berlanjut, diperkirakan lebih dari 13 milyar ton sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah atau mengotori lingkungan di tahun 2050.

http://limaplus101.com/index.php/2017/07/20/benarkah-kolesterol-tinggi-disebabkan-faktor-keturunan/

Bagaimana cara kita mengurangi sampah plastik?

Sekitar 500 milyar hingga satu triliun benda yang dibuang oleh manusia setiap tahunnya adalah sampah kantong plastik sekali pakai (sekitar satu juta kantong plastik setiap menitnya). Padahal sampah jenis ini membutuhkan waktu 1000 tahun untuk dapat terurai. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa tas sendiri saat berbelanja.

Anda juga dapat mengurangi sampah plastik dengan menggunakan botol minuman yang bisa dipakai berkali-kali karena hampir 3 juta ton sampah plastik di seluruh dunia tiap tahunnya berasal dari botol air minum kemasan sekali pakai.

Jadi, jangan tunggu anak cucu kita terjebak dalam gunungan sampah plastik yang meracuni lingkungan dan membahayakan kehidupan generasi penerus. Mulailah mengurangi sampah plastik dari diri kita sendiri dan mulai dari SEKARANG!

http://limaplus101.com/index.php/2016/12/28/10-bencana-alam-terbesar-tahun-2016/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>