Benarkah Kolesterol Tinggi Disebabkan Faktor Keturunan?

 

Selain diproduksi secara alami oleh tubuh untuk membantu pencernaan makanan,  kolesterol juga banyak didapat dari asupan makanan kita sehari-hari. Karena tidak disertai tanda atau gejala yang khusus, banyak orang tak menyadari kalau kadar kolesterol mereka sudah terlalu tinggi dan membuat mereka semakin berisiko terkena penyakit jantung koroner atau stroke.

Benarkah Kolesterol Tinggi Disebabkan Faktor Keturunan?

Kolesterol tinggi bisa disebabkan salah satunya oleh faktor keturunan karena gen Anda juga turut menentukan jumlah kolesterol LDL yang diproduksi tubuh dan seberapa cepat zat ini dikeluarkan dari tubuh. Namun, persentase orang yang memiliki kolesterol tinggi hanya karena faktor keturunan sangatlah sedikit.

Masih banyak faktor yang menyebabkan tingginya kolesterol selain faktor keturunan. Seperti yang dilansir dari situs Knowridge, penyebab kolesterol tinggi terbagi dalam dua faktor. Pertama, faktor yang tak terelakkan seperti keturunan, umur dan jenis kelamin. Kedua, faktor gaya hidup seperti pola makan tak sehat, berat badan yang berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik.





Bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa efek samping?

Terapkan pola makan yang sehat. Misalnya, memperbanyak makanan berserat tinggi seperti buah dan sayuran yang sangat membantu untuk mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol.

Atau, mengkonsumsi ikan seperti salmon, tuna dan makarel minimal dua kali seminggu. Jenis ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang membantu melindungi jantung dari penggumpalan darah dan pembengkakan serta mengurangi risiko serangan jantung.

https://www.youtube.com/watch?v=Yd7k2l-EzFY

Selain pola makan yang sehat, aktivitas fisik secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. Caranya? Mulailah rutin berolahraga, misalnya olahraga aerobik minimal 60 menit tiap minggunya.

Baca juga: Waspada Bahaya Kolesterol Tinggi

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>