Bersih-bersih Rumah, Olahraga atau Bukan?

Bersih-bersih di rumah tiap hari seperti menyapu, mengepel, mencuci, dll memang menguras tenaga dan membuat badan basah bermandi keringat. Belum lagi jika ditambah dengan pekerjaan rumah seperti menyeterika, memasak, mengurus anak, dan segudang kesibukan lainnya yang biasa dilakukan ibu rumah tangga sepanjang hari.

Singkatnya, pekerjaan rumah tangga membuat badan berkeringat dan sangat melelahkan. Sama saja dengan berolahraga kan?

Nope. Jumlah keringat yang keluar tidak ada hubungannya berapa banyak jumlah kalori yang terbakar saat beraktivitas. Berkeringat hanyalah cara tubuh mengatur suhu sehingga kita tidak merasa kepanasan ketika udara panas atau suhu tubuh naik.

Faktanya, menurut Jenny Scott, MM-HR, NASM-CPT, CES, PES, FNS, Penasehat Akademik National Academy of Sports Medicine, semakin tubuh Anda fit maka semakin sedikit keringat yang akan dikeluarkan saat beraktivitas.
Tapi, jika Anda sudah banyak berkeringat saat baru 10 menit beraktivitas, itu tidak berarti Anda tidak fit karena setiap orang memiliki jumlah kelenjar keringat yang berbeda-beda. Bagi orang-orang tertentu, berjalan cepat beberapa meter saja sudah bisa membuatnya berkeringat.

http://limaplus101.com/index.php/2016/11/20/mitos-olahraga-yang-menyesatkan/

Bukannya bersih-bersih rumah banyak menguras energi? Membakar kalori kan?

Mengerjakan pekerjaan rumah tangga memang bisa membakar kalori tapi tetap tak seberapa bila dibandingkan dengan olahraga “betulan” seperti lari, renang, bersepeda, dll. LiveScience menyebutkan aktivitas menyapu selama 30 menit hanya membakar 130 kalori, hampir sama dengan kalori sekaleng soda saja. Bandingkan dengan bersepeda (statis) selama 30 menit yang bisa membakar sampai 400 kalori.*Chacha2day*

http://q.gs/CaGpX

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>