Waspada Bahaya Kolesterol Tinggi

 

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan zat yang membantu pencernaan makanan. Secara alami, tubuh dapat memproduksi kolesterol sebanyak yang dibutuhkan. Selain itu, kolesterol juga banyak ditemukan pada asupan makanan kita sehari-hari.

Kolesterol bergerak melalui aliran darah dalam kemasan yang disebut lipoprotein, terbuat dari lemak di bagian dalam dan protein di bagian luar. Dua jenis lipoprotein membawa kolesterol ke seluruh tubuh ini meliputi : low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL).

LDL seringkali disebut kolesterol “jahat” karena kadar LDL yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke tubuh). Sementara, HDL biasanya disebut kolesterol “baik” karena membawa kolesterol kembali ke hati yang akan menghilangkan kolesterol dari tubuh.

Apa yang dimaksud dengan kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi merupakan kondisi dimana Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Biasanya, kondisi ini tidak disertai tanda atau gejala yang khusus sehingga banyak orang tak menyadari kalau kadar kolesterol mereka sudah terlalu tinggi.

Semakin tinggi tingkat kolesterol LDL dalam darah maka resiko terkena penyakit jantung koroner akan semakin besar. Sebaliknya, jika tingkat kolesterol HDL dalam darah semakin tinggi maka resiko terkena penyakit jantung koroner pun akan semakin rendah.

 

https://www.youtube.com/watch?v=HEOnkWxDJw8

One thought on “Waspada Bahaya Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>