Kenapa Akhir-akhir ini Sering Terjadi Angin Kencang?

Akhir-akhir ini angin kencang sering melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jakarta. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) penyebab angin kencang tersebut adalah sirkulasi pusaran angin (pusat tekanan rendah) yang terjadi di perairan utara Aceh dan Samudera Hindia di sisi selatan Bali.

Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko (6/12) menjelaskan bahwa di wilayah perairan Sulawesi Utara bagian utara dan perairan utara Papua Barat terjadi sirkulasi angin tertutup. Kata dia, hal ini mempengaruhi pola cuaca di wilayah Indonesia. Sehingga terbentuk daerah belokan, perlambatan, dan pertemuan (konvergensi) angin di sejumlah wilayah.

Di antaranya di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Gorontalo, Sulawesi, Papua Barat, dan Papua bagian Tengah serta Selatan.

Terdeteksi ada aliran dorongan massa udara dingin dan kering dari Asia Tengah yang terpantau mulai masuk menuju ke wilayah Indonesia sebelah utara. Di dalam aliran tersebut terdapat udara dingin dan kering di Australia bagian timur. Sampai saat ini terpantau sedang masuk ke wilayah Samudera Hindia sebelah selatan Sumatera hingga NTB. Termasuk ke Laut Arafura dan Teluk Carpentaria. Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan potensi hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Indikasi potensi hujan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi akan terjadi sampai 8 Desember 2016. Hal itu akan terjadi di sejumlah kawasan mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimatan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

https://www.youtube.com/watch?v=bNgxfFvv8p0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>